Qurratul U’yun: Panduan Untuk Pengantin Baru

Mumpung belum bulan Ramadhan so….masih bolehlah nulis yang horor-horor. Jadi beginih, sebenarnya saya sedang hiatus untuk menulis dalam beberapa hari ini, tetapi karena terbesit untuk menuliskan sesuatu yang berbeda maka saya akhirnya nulis juga. Kemarin saya kebetulan sedang cuti karena badan agak sedikit demam, maka saya putuskan untuk bongkar-bongkar gudang. Ada sebuah kardus yang menarik perhatian saya ketika itu, kardus ketika saya masih nyantri di salah satu ponpes di Jawa Timur. Ketika saya buka ternyata kitab-kitab kuning di dalamnya. Kitab kuning legendaris seperti “Bidayatul Hidayah“, “Ta’limul Muta’alim“, “Shorof” dan “Al’ Arabiyah Linasyiin” ternyata masih cukup tersimpan rapi di dalamnya. Tapi bagi saya ada satu buku yang cukup mmebuat saya tersenyum kecil ketika membacanya🙂 yaitu sebuah kitab yang berjudul “Qurratul U’yun“.

nah loh......

nah loh……

Pertanyaanya, mengapa saya sampai tersenyum kecil?. Begini, kitab Qurratul U’yun ini merupakan kitab yang sangat-sangat tidak asing di kalangan ponpes se Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke…Indomieeee seleraku….eh maaf salah, kitab ini berisi adab atau tata cara bagaimana seorang pria dan wanita yang TELAH MENIKAH untuk menjalani ibadah selanjutnya (yang saya rasa tidak perlu di publish apa itu…) berdasarkan hadis, atau riwayat, atau tuntutan ulama dalam “melaksanakannya”. Secara global kitab ini juga mengulas bagaimana posisi dan relasi anatara pria dan wanita untuk dapat mengarungi bahtera rumah tangga. Berbagai posisi yang halal dan yang haram dikupas tuntas setajam……linggis…., beberapa pasal dalam kitab ini juga menjelaskan hal-hal non teknis yang dapat menggangu hubungan intim suami dan istri, seperti bagaimana agar tidak dibarengi dengan setan (setan terkadang nongton kita juga loh pada saat …..you-know-what……)…..

judul lengkap

Saya sendiri cukup mikir-mikir, karena di dalam buku ini juga dituturkan bagaimana seorang manusia haruslah mempunyai etika dalam dalam melaksanakan sesuatu yang manusiawi berdasarkan tekstual keagamaan agar bernilai sebagai ibadah dan mendapat ridho dari Nya, tidak asal “main” saja sruduk sana sruduk sini. Bagi saya buku ini merupakan sebuah…yaaa…semacam referensi atau paling tidak rambu-rambu dari segi ijtihad keagamaan, walaupun tidak ada kewajiban mengikutinya, tetapi dapat menjadikan kita mengenal kaidah sekecil apapun dalam mengarunginya, walaupun saya belum menikah tapi merupakan sebuah bekal tentunya.

contoh halaman

contoh halaman

Secara lengkap juga dibahas (bukan hanya posisi, gerak, dan yang harus di lakukan), tempat untuk melakukannya juga diatur, seperti sebaiknya jangan dilakukan ketika dirumah kita banyak sanak saudara agar tidak menggangu jalannya sidang…ups maaf, jalannya prosesi tersebut. Kita juga dianjurkan agar tidak melakukannya dirumah yang saat itu berada anak kecil sekalipun sudah tamyiz (dapat membedakan baik dan buruk) karena dikhawatirkan anak kecil tersebut melihat dan mendengar scene private tersebut…..:) dan bagi saya tentunya harus dalam kondisi yang aman, tentram, dan damai, DAN TANPA HIDDEN CAMERA😀

Contoh bab

Contoh bab

contoh bab lagi

contoh bab lagi

Nah bagaimana dengan anda? Saya sendiri hanya punya versi Bahasa Arab buku ini, entah apa sudah terbit Bahasa Indonesianya apa belum,  selain Qurratul U’yun ini ada juga buku sejenis seperti Al-Rawdh Al-‘Athir fi Nuzhat Al-Khathir karangan Muhammad Al-Nazawi dan faktanya, Qurratul U’yun ini merupakan kitab yang paling sering dikutip ketika kyai atau ustadz menyampaikan semacam khutbah perkawinan.  Selain membahas tentang segala sesuatu tentang adab bersetubuh, kitab ini juga membahasa waktu-waktu yang bagus untuk menyelenggarakan perkawinan. Sebuah buku yang cukup lengkap, padat, dan jelas yang membahasa perihal rumah tangga.

*bukan pendaftaran murid privat*😀

16 thoughts on “Qurratul U’yun: Panduan Untuk Pengantin Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s